Friday, December 30, 2016

Berencana Menikah Tahun Depan Bro, Tinggalin 6 kebiasaan Ini ya




Menikah itu banyak banget manfaatnya bro, selamat deh buat yang berencana menikah tahun depan. Kamu bisa nabung bareng, usaha bareng, jalan-jalan bareng, dan lainnya. Pokoknya bareng-bareng deh.

Tapi, nikah itu bukan proses main-main. Nikah itu nggak kayak pacaran, karena kamu udah nggak  bisa lagi bersikap individualistis.

Apapun harus dipikir untuk kepentingan untuk bersama. Walaupun emang kenyataannya nggak enak buatmu, tapi itulah yang namanya pengorbanan seorang suami.

Nah khusus calon suami yang berencana menikah tahun depan, tinggalin deh kebiasaan-kebiasaan ini. Biar hubungan dengan pasangan makin harmonis. Apa aja sih? Yuk kita cari tahu.

1. Pelit

Hemat itu wajib tapi jangan sampai pelit. Sebagai suami kamu wajib nafkahin keluargamu.
Pelit bisa diartikan, selalu nggak transparan mengenai pendapatan kamu ke istri. Dan kebanyakan nolak membelikan sesuatu yang diminta istri, dengan alasan kemahalan. Padahal yang diminta harganya nggak sampai 10 persen gaji kamu.

 Jangan pernah samakan suami pelit dan hemat. Suami hemat itu visioner, mereka mengutamakan masa depan, suami pelit lebih mikirin diri sendiri (kasih uang receh/Jeff Jacoby)


Kalau istri minta rumah baru, tapi kamu belum sanggup secara finansial ya jangan dipaksa. Tapi kalau sesekali istri minta diajak traveling keluar kota, ya nggak apa-apalah.

Buat yang berencana menikah tahun depan, ada baiknya banyakin ngobrol soal kelola keuangan sama calon istri. Menyamakan pendapat soal keuangan itu penting. Jujurlah dengan masalah keuangan di masa lalu, cara kamu ngatur keuangan, cara nabung dan lainnya.

2. Malas

Udah nggak jaman ya bro buat malas-malasan. Sebagai kepala keluarga, udah kewajiban kamu cari menghidupi istri dan anak.

Bahkan kalau perlu cari pekerjaan tambahan sekuat tenaga kamu. Karena yang terpenting bagi seorang suami adalah keluarganya.

3. Buang-buang duit

Niatnya nyenengin istri baru, ajak traveling keliling Indonesia, nyicil mobil baru, dan tiap makan di restoran mewah. Padahal penghasilan perbulan belum dua digit. Hadeehh..

Seneng-seneng boleh tapi pikir-pikir dulu deh kalau nggak penting-penting amat. Mending uangnya ditabung buat dp rumah atau buka usaha kecil-kecilan.

Masa depan itu lebih penting daripada hura-hura bro. Kamu nggak tahu apa yang terjadi di masa depan (Uang pecahan Rp 50.000/ Sindonews)
 
Buat mas bro yang laper mata dengan barang-barang konsumtif, mending apply asuransi jiwa deh. Asuransi itu penting banget buat orang yang berencana menikah tahun depan.

Kita nggak tahu apa yang bakal terjadi di masa depan. Dan wajib buat suami untuk selalu siap sedia, tidak membebanin keluarga.

Asuransi juga bisa bikin kamu nggak boros. Karena tiap bulan kamu harus sisihkan dana untuk bayar polisnya. 

Daripada beli barang nggak jelas, mending bayar asuransi kan. Ingat ya bro, wajib hukumnya bagi suami untuk melek asuransi.

4. Suka marah-marah

Senang dibawelin istri? Pasti nggak dong. Kalau gitu nggak perlulah marah-marah. Membentak istri itu nggak sopan, apalagi melakukan kekerasan fisik.

Kamu sudah dewasa, apapun masalahnya hadapi dengan kepala dingin. Sikap tenang dan penuh cinta itu bisa bikin istrimu nyaman.

5. Bohong

Nggak ada yang suka dibohongi dengan alasan apapun. Ketika kamu ketahuan bohong, maka habislah semuanya.

Kejujuran itu pahit bro, tapi rasa pahit itu jauh lebih baik daripada bohong yang terdengar manis. Kapanpun kamu bohong, suatu saat pasti terkuak (Ilustrasi Bohong/BRIMG)

Apa kamu rela ngebuang semua kebahagiaan sama istri yang udah kamu bangun? Tetaplah jujur dalam apapun bro. Karena kamu sudah berjanji sama Tuhan saat kamu nikahin dia.

Berencana menikah tahun depan? Tinggalin deh kebiasaan bohong kamu.

6. Sering kritik

Istri punya ide bisnis jual pulsa, kamu kritik karena nggak nguntungin. Istri pengen beli mobil untuk disewain, kamu kritik lagi karena takut rugi ama cicilan.

Jangan terjebak sama kebiasaan mengkritik. Apalagi kritik tanpa solusi. Coba berikan apresiasi dulu sama idenya. Dan kasih saran ke dia kalau memang idenya nggak sesuai.

Mempertahankan hubungan itu nggak semudah membalikkan telapak tangan bro. Jangan sampai perkataanmu ke dia jadi sumber perselisihan (Berpegangan tangan/Republika)

Ide bisnis itu bagus lho, tandanya kamu punya istri yang mau mikirin masa depan keluarga. Dia cuma butuh dukungan kamu biar semangat dan sukses.

So gimana bro, makin paham kan sama kebiasaan yang harus kamu tinggalkan. Sekali lagi selamat ya, semoga langgeng yah sampai jadi kakek nenek. Dan semoga kamu jadi pria yang sukses idaman mertua.
 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.