Wednesday, December 28, 2016

Gini Caranya Nabung Saat Usia Masih Kepala 2


Mata Tika terbelalak ketika melihat saldo rekeningnya lewat mesin ATM. Selidik punya selidik saldonya bisa bikin kita mewek kayak lagi nonton sinetron India gitu deh. Sedih pake banget.

Tika melamun, merenung dan menerawang ke masa lalu. Habis ke mana saja sih uang gajinya selama setahun ini? Kok gak ada yang  bisa ditabung ya?

Ngerasa senasib sama Tika? Jangan galau, karena masalah yang kamu dan Tika alami itu juga dialami banyak orang kok. Seandainya kita mau ‘berjuang keras’ mengencangkan ikat pinggang, menabung itu bukan hal yang sulit.

Mungkin kamu merasa bosan. Nasihat demi nasihat soal berhemat dan mengatur gaya hidup demi nambah saldo adalah yang senantiasa didengungkan. Tapi, ya memang gitu aturan mainnya.

Simak lagi dengan seksama deh 5 cara di bawah ini buat bikin tabunganmu gak zonk!

1. Bikin budget

Ini nih yang paling utama dan gak bisa ditawar lagi layaknya emak-emak kalau lagi belanja di pasar. Bikin budget, budget dan budget! Mau cuma dicatat di buku notes kecil gambar Hello Kitty atau One Piece, yang penting kamu punya catatan budget pengeluaran sehari-hari.

Ketika melakukan budgeting, usahakan untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran. Jangan sampai berat sebelah ya (timbangan pemasukan dan pengeluaran/MyMoneyCoach)

Masih banyak yang ngeremehin soal bikin budget. ‘Ah percuma, dicatet tapi bakal dilanggar juga nanti!’ Lah sudah bikin catatan budget saja masih dilanggar, gimana kalau gak ada ya? Simpel banget, tentuin aja budget makan, kebutuhan mandi sampai ongkos kerja selama sebulan.
Intinya, selama sebulan usahakan mengalokasikan penghasilan buat hal-hal yang emang setiap hari rutin kamu gunakan atau konsumsi. Ayo dipraktekin ya, jangan malas lagi!

2. Belanja baju

Nah kalau soal yang satu ini pasti berat banget buat cewek-cewek. Gimana gak, zaman makin canggih, online shop makin menjamur. Gak perlu capek pergi ke toko, tinggal klik klik, selesai. Yang namanya diskon gak harus nunggu hari raya, setiap hari ada aja tuh godaan diskon.

 Pas liat 70% langsung diborong, eh lupa ternyata tanggal tua. Tabungan kekuras lagi deh (Berburu diskon/BeritaHati)

Di sinilah iman diuji, mau terus menuruti ‘lapar mata’ setiap lihat koleksi baru dan diskon atau berusaha menahan diri? Realitanya? Dompet jebol gara-gara belanja overlimit. Coba pikirin masa depan kamu deh.
Beli baju baru yang bagus pasti bikin hati senang, tapi apa iya mau hidup sengsara di masa tua karena kebiasaan konsumtif kayak gini? Kamu juga jangan malu ubah kebiasaan belanja.
Coba ke pasar kaget atau street bazaar buat menghemat pengeluaranmu. Taati budget belanja baju yang sudah kamu buat di awal bulan.

3. Mulai coret list gak penting

Setiap orang pastti punya yang namanya ‘wishlist’ alias daftar keinginan. Ya kebanyakan gak jauh-jauh dari beli barang, rencana traveling hingga nikah, ciyeee.  
Daftar ini dibuat berdasarkan urutan prioritas yang dibikin sendiri sesukanya. Saat ada rezeki lebih, nah daftar ini bakal dikeluarin deh buat dieksekusi.
Mulai sekarang coret deh daftar keinginan dan utamakan hal-hal yang lebih prioritas kayak investasi atau kredit rumah. Hal-hal seperti membership yoga atau gym padahal malas ngejalanin, coret.



Buka catatan wishlist dan coret yang nggak penting. Inget lho kamu butuh nabung buat masa depan (Buku catatan/InciImages)


Beli gadget baru coret. Perrtimbangan lagi dengan bijak, mana yang bisa masuk daftar dan mana yang gak penting.

4. Puasa traveling dulu

Buat yang hobi bangett sama traveling mungkin bakal susah banget nahan diri untuk ‘puasa’ traveling. Tapi, kalau kamu mau ‘menyembuhkan’ saldo tabungan, lebih baik tahan dulu deh nafsu traveling kamu selama setahun ke depan.

 Puasa traveling dulu demi menyehatkan isi dompet nggak apa-apalah. Kalau isi dompet udah tebel kan tahun depan bisa traveling ke Rusia atau ke Amerika hehe (Melihat Matahari Tenggelam dari Jendela Pesawat/JustOneWayTickets)
Sambil survey aja dulu, datang ke pameran traveling atau cari-cari info promo terbaik buat traveling di tahun mendatang. Selain budget selama setahun yang aman dari hobi traveling kamu, siapa tahu bisa dapat promo gede. Orang sabar disayang Tuhan loh.

5. Batasi pergaulan

Batasi pergaulan di sini bukan cuma dalam arti menjauhi pergaulan bebas loh, tapi juga pergaulan yang bisa bikin kamu jadi boros.
Bukan berarti menutup diri, jadi gak update dan minder loh ya. Bergaul boleh, hangout dan nongkrong di cafe boleh kok. Tapi, frekuensinya harus benar-benar kamu batasi deh.
Setiap Jumat malam, udah jadi gaya hidup anak-anak muda di kota besar menghabiskan waktu bareng teman-teman kerja. Ada yang rutin setiap Jumat, ada juga yang marathon, dari hari Jumat sampai Minggu.
Demi tabungan, tahan hasrat nongkrongmu seminimum mungkin. Kecuali gratis mah gak usah pusing hehehe.
Intinya, banyak jalan menuju Roma. Kalau kita mau usaha sedikit lebih keras pasti ada hasilnya deh. Gak usah maksain sesuatu yang berada di luar jangkauan kita, apalagi soal keuangan. Urusannya bisa berabe bin ribet.
Coba tuh pepatah berakit-rakit ke hulu, berenang–renang ke tepian diresapi. Kenapa gak bersakit-sakit dahulu, berenang-renang ke tepian. Proses gak akan mengkhianati hasil. Gak beli gadget terbaru gak bakal bikin kamu terkucilkan, selama yang lama masih berfungsi kamu masih bisa gaul kok. So, selamat berjuang!


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.