Wednesday, December 28, 2016

Setiap Tahun Bikin Resolusi Gagal Terus, 2017 Harus Gimana Dong


‘Pokoknya resolusi gue buat tahun 2017 yaitu nikah harus terealisasi Dul!’ Ujar si Otong dengan semangat juang ‘45. Abdul, sahabat Otong cuma senyam-senyum sambil nyahut ‘Perasaan itu resolusi elu dari tahun 2012 dah Tong.’ Otong tercekat dan menelan ludah.

Berasa punya nasib kayak si Otong gak? Setiap tahun bikin resolusi tapi gagal terealisasi terus. Nah, ini mau masuk tahun baru 2017 loh! Gimana? Sudah ada resolusi apa buat tahun yang baru?
Ya udah, gak usah langsung merana dan gundah gulana gitu. Simak nih 7 cara biar resolusi kamu yang selanjutnya bisa terwujud dengan sukses gilang gemilang.

1. Pastikan resolusi itu penting

Gini ya, resolusi itu udah kayak tren ‘Om telolet Om’ di mana semua orang setiap menjelang akhir tahun berlomba menggembar-gemborkan resolusinya. Gak sedikit yang cuma ikutan aja biar kekinian.

 Resolusi itu penting karena lewat resolusi inilah kamu bisa berkembang jadi lebih baik. (Rencana susun resolusi/Liputan6)

Banyak yang lebay dan terkesan gak penting. Semisal, bikin resolusi punya pacar yang kaya raya biar bisa hemat pengeluaran. Ini kayaknya lebih ke obsesi pribadi aja sih, gak perlu sampai jadi resolusi deh hehehe. 

Selidiki dan evaluasi deh diri kita, apa sih yang belum dicapai. Semisal, tahun depan pengin punya karir yang lebih bagus, punya pola hidup lebih sehat, lebih hemat, punya investasi dan lainnya.

2. Buat catatan

Manusia gak lepas dari yang namanya sifat lupa. Saat kamu sudah tahu resolusi buat tahun depan, langsung tulis. Kalau perlu tulis secara detail sampai ke cara-cara mencapainya, jangka waktu, anggaran  dan lainnya.

Mau nulis di media sosial kamu juga silahkan saja, tapi jangan terlalu lebay ya. Ingat, media sosial itu walau bebas, tetap saja ruang publik. Bakal banyak mata yang baca dan jari yang siap nulis komentar. Kalau kamu merasa siap dikritisi, silahkan saja.

3. Jangan serakah

Jangan serakah di sini maksudnya gak usah sok muluk-muluk mau ini, itu, kebanyakan resolusi. Lebih baik tetapin deh satu resolusi tapi fokus dan komit. Kamu lebih pilih mana, banyak resolusi tapi pada akhirnya berantakan dan gak ada satupun yang terealisasi atau satu tapi sukses?
Kalau kamu punya lebih dari satu resolusi ya bukan berarti gak boleh. Tapi coba dibuat daftar prioritasnya deh, kira-kira mana yang harus lebih dulu kamu raih. Dan sesuaikan juga sama waktu, keuangan dan kebutuhan kamu.

4. Bikin komitmen

Sudah bukan waktunya lagi cuma berucap dan berwacana soal resolusi namun realitanya gak serius. Sekedar tren, ikut-ikutan saja biar kekinian. Sukses atau gaknya semua tergantung dari komitmen diri sendiri sekuat apa. 

Kenapa banyak orang gagal merealisasikan resolusi setiap tahun? Salah satunya ya karena gak adanya tekad sekuat baja dalam diri. Kalau perlu buat catatan kecil dengan tulisan ‘KOMITMEN’ atau ‘LAKUKAN’ lalu tempel di semua sudut kamar. Ini buat pengingat saat kamu lagi malas atau gak bersemangat.

5. Jangan galau mulu

Fokus deh sama resolusi kamu, jangan labil apalagi galau. Kalau sudah bikin rencana A ya jalanin A dulu sampai mentok. Jangan plin-plan, berubah-ubah kayak orang bingung gak punya prinsip. 

Ibaratnya kayak mau pergi ke pasar, di tengah jalan lihat ada toko buku, mampir, dan malah asyik baca buku. Lupa tujuan awal mau ke pasar.

Hayo siapa yang sering upload beginian di medsosnya? hehe.. Jangan galau-galau ya 2017 (Quotes di Medsos/Gambargambar.co)
 
Emang sih sikap fleksibel alias gak terlalu kaku juga dibutuhkan, tapi sesuaikan dengan situasi dan kondisi ya. Jangan setiap menit berubah pikiran, bisa-bisa cuma jalan di tempat aja deh.

6. Bikin anggaran

Banyak yang lupa kalau bikin anggaran itu salah satu hal penting saat ingin mewujudkan sebuah resolusi. Kok bisa? Gini loh, semisal kamu punya resolusi buat bisa kuliah lagi tahun depan, nah berarti harus siapin dana dong. 

Contoh lain, ingin lebih sehat, salah satu caranya dengan jadi member di gym, ya harus siapin budget buat biaya keanggotaan gym dan seterusnya. Kalau gak siapin budget ya wassalam, bakal cuma jadi wacana deh tuh resolusi. Apalagi setiap tahun harga-harga kebutuhan ada saja yang naik. Kamu harus lebih teliti dan bijak sama pengeluaran. 

7. Tentukan jangka waktunya

Punya resolusi itu sama artinya dengan punya target. Yang namanya target ya harus ada deadline alias batas waktu. Semisal, kamu ingin sudah bisa fasih berbahasa inggris di akhir tahun depan atau bisa turun 10 kilo di akhir bulan Juli tahun depan dan seterusnya.

 Tanpa target, resolusi yang kamu rencanakan itu cuma angan-angan. (kalender/caverun)

Adanya jangka waktu untuk setiap resolusi bakal bikin kamu lebih disiplin dan serius mewujudkan resolusi. Ya kalaupun pada akhirnya meleset, gak apa-apa juga sih. Tapi, paling gak bisa memacu kamu untuk terus berusaha mewujudkan resolusi. 

Bukan sesuatu yang salah setiap tahun punya resolusi, mau itu resolusi yang sama atau berbeda. Setiap manusia pasti ingin punya kehidupan yang lebih baik, dan momennya memang paling pas saat menjelang pergantian tahun. 

Resolusi dibuat bukan untuk jadi beban ya, tapi untuk jadi motivasi, penyemangat kamu untuk menjadi manusia yang hidupnya lebih berkualitas. So, selamat membuat resolusi dan semoga terwujud ya!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.