Wednesday, January 4, 2017

10 Cara Mengisi Waktu Luang yang Bakal Bikin Bisnis Kamu Lancar

Mengisi waktu luang itu banyak caranya lho. Sayang banget kalau waktu luang kamu hilang begitu aja tanpa ada yang dihasilkan.


Selalu ingat ya, duit yang habis masih bisa cari. Tapi kalau waktu yang habis, kamu nggak akan bisa beli atau cari.


Makanya, jangan sia-siakan waktumu. Simak nih cara mengisi waktu luang yang bakal bikin bisnismu lancar.


1.Hangout dengan client lama


Ketika bisnis kamu lagi lancar-lancarnya nih, cobalah mengisi waktu luang dengan kongko bersama client lama. Dan jangan lupa, ceritain juga progres bisnismu ke dia.


Sesukses apapun bisnismu, jangan pernah melupakan client lama. Karena mereka juga penyumbang omzet buatmu. Nggak menutup kemungkinan kan mereka bakal order barang atau jasamu lagi.


2.Nongkrong dengan teman-teman


Selain client lama, jangan lupakan teman-teman terdekatmu. Biasanya, ide pengembangan bisnis juga bisa muncul dari teman.


Kalau temanmu juga punya usaha, kamu bisa lihat apakah ada peluang kerja sama. Kerja sama dengan teman, kenapa tidak?  


3.Dengarkan audiobook untuk belajar


Sebagai pebisnis, belajar itu wajib. Apalagi yang bisnisnya sedang dalam tahap pengembangan. Dengarkan audiobook saja buat mengisi waktu luang kamu.


Kamu nggak perlu buka buku tebal atau baca-baca e-book di laptop. Kamu juga bisa dengarkan audiobook waktu kamu santai, nyetir, atau pas lagi di mall. Praktis kan?


4.Baca berita online lewat smartphone


Wajib juga hukumnya bagi pengusaha untuk update sama perkembangan terkini. Selalu cek portal berita online favorit kamu di waktu senggang.


Mengisi waktu luang dengan baca berita itu banyak manfaatnya. Selain bisa paham akan tren pasar saat ini, kamu bakal bisa memprediksi kondisi pasar di masa yang akan datang.


Nggak jarang para pengamat ekonomi memberikan analisa pasar lewat media. Analisa-analisa itu berguna buat masa depan bisnis kamu.  


5.Cek semua email yang masuk


Jangan lupa buat ngecek semua unread email yang masuk. Bisa jadi ada email penting dari calon client baru kamu.


Bersihkan juga email spam yang masuk, agar kotak emailmu terlihat bersih. Kalau sudah bersih kan kamu juga nyaman ketika buka email.


6.Kumpul bersama keluarga


Nggak peduli seberapa besar omzet bisnismu, kumpul bersama keluarga itu penting buat mengisi waktu luang. Bahkan kamu belum bisa dianggap sukses kalau tidak memiliki hubungan baik sama keluarga.


Ajak mereka sarapan pagi, olahraga bareng atau jalan-jalan sambil nonton. Kumpul bersama keluarga juga bisa mengurangi stress.


7.Lakukan evaluasi terhadap bisnismu


Coba deh pikirkan apa yang harus diperbaiki dari bisnis kamu. Dan apa saja yang sudah berjalan dengan baik.


Evaluasi memang penting, karena ini menyangkut masa depan bisnismu. Apa yang sudah berjalan baik pastinya harus dipertahankan.

8.Tulis target-target jangka pendek atau panjang


Setelah melakukan evaluasi, cobalah merenung sejenak untuk mikirin target jangka pendek atau panjang bisnismu. Bulan depan apa yangmau kamu capai? Siapa yang berpotensi jadi client baru? Promosi seperti apa yang efisien? 

Ketika target udah jelas, kamu bisa lebih fokus dalam gerakin bisnismu. Kalau perlu sekalian aja susun rencana kamu untuk beberapa hari ke depan.


9.Mengajar


Mengisi waktu luang dengan mengajar adalah cara yang bagus buat kamu untuk belajar. Berbagi ilmu pengetahuan itu mulia banget.



Proses mengajar ini bisa ngebantu kamu melihat kebutuhan industri dengan jelas. Kamu bisa belajar memahami perspektif orang lain dalam beragam hal.


Cobalah jadi mentor bagi karyawan atau anak magang. Keberhasilan mereka di masa depan bakal jadi bukti kesuksesan kamu.


10.Olahraga pastinya


Sempatkan waktu buat olahraga itu wajib. Sebagai pengusaha, kamu butuh badan sehat dan penuh energi.


Kalau kamu adalah seorang “morning person,” biasakan olahraga minimal 30 menit setelah sarapan. Atau mungkin kamu adalah pribadi yang gemar ke gym malam-malam. Sah-sah saja kok, intinya adalah olahraga dengan rutin.


Gimana bos, sudah siap atur jadwal buat mengisi waktu luang? Jangan lupa 10 hal ini ya. Semoga sukses terus.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.