Wednesday, January 4, 2017

Nih, Cara Bikin Gaji 2 Digit Nggak Habis Sia-Sia

Punya gaji 2 digit itu berkah banget lho, tapi kalau habis sia-sia apalagi sebelum akhir bulan ya payah. Tapi tenang saja masbro dan mbak sist, masih ada waktu untuk bertobat hehe.

Banyak faktor yang menyebabkan gaji 2 digit kamu cepat habis. Bisa jadi karena nggak tahu cara memutar uang dan yang kedua karena kamu konsumtif. 

Di satu sisi, gaji 2 digit bisa bikin kamu makmur. Tapi kadang juga menimbulkan godaan untuk belanja yang nggak perlu. Makanya banyak orang bilang, gaji besar pasti pengeluaran bakal besar juga.

Beh.. dompetnya sih mahal. Tapi pas dilihat isinya, ternyatanya uang receh semua hehehe, tanggal tua bokek ya bos? (Dompet Tumi/Men’s Health)
 
Nabung itu penting tapi selain nabung kamu juga harus melakukan sesuatu biar gaji nggak habis sia-sia. Berikut tips untuk membuat gaji 2 digit kamu jadi bermanfaat.

1. Investasi

Banyak orang yang ketika diajak berinvestasi langsung jiper. Langsung bilang, “ah entar duit gue nggak balik,” atau “terus kapan balik modalnya? kalau lama baliknya males ah.”
Setelah dijelasin mekanismenya malah bilang, “nggak dulu deh.” Yaudah habis lagi deh gajinya pas akhir bulan hehehe.

Coba deh beli emas. Walau balik modalnya tergolong cukup lama, investasi emas itu paling aman. Beli saat harga turun dan lepas saat harga naik.

Atau investasi reksa dana. Setorkan danamu ke manajer investasi, dan mereka akan mengelola danamu.

Daripada duitnya diem aja di rekening, mending diputar kan lewat investasi? Investasi sukses, kamu bisa beli rumah.

2. Jual barang

Ini khusus buat yang hobi belanja. Ngoleksi barang-barang seperti sepatu, jam tangan, die-cast, action figure, atau alat musik ya sah-sah saja.

Tapi kalau gaji 2 digit bisa habis karena barang-barang tersebut, kamu harus hati-hati. Itu tandanya sudah saatnya mengurangi apa yang kamu koleksi.

Kalau koleksinya udah menumpuk, mending dijualin aja biar jadi duit (Action Figures/Comic Alliance)

Jual aja barang koleksianmu secara online di portal e-commerce. Kadang barang yang punya nilai memorabilia bisa naik harga jualnya. 

Atau sisihkan gajimu untuk belanja barang-barang favorit yang langka di portal jual beli. Second nggak apa-apa asal bisa dinego saja. Bulan depan kamu jual lagi deh.

Terkadang, banyak alasan nggak mau jual barang. Antara lain, sayang sama koleksian, nggak sempat foto-foto barangnya dan malas aktif di forum jual beli.

Kalau kayak gitu ya susah. Harus sadar dong, kamu lebih sayang sama kondisi keuanganmu atau sama koleksianmu? 

3. Beramal

Punya gaji besar, saatnya membelikan sebuah kebahagiaan bagi yang membutuhkan. Melihat orang lain bahagia itu bisa membuat kita bahagia. Nggak percaya? Cobain deh.

Itulah yang namanya “the power of giving.” Beramal pun bisa dikatakan sebuah investasi batin.
Daripada gaji dipakai untuk hal-hal konsumtif, mending didonasikan ke yang tidak mampu kan? Beban hidup mereka pun jadi lebih ringan karena uluran tangan kamu. So, jangan pelit ya masbro dan mbak sist.

4. Punya hobi seni? Sulap jadi uang

Hobi kamu apa? Cobalah mencari penghasilan dari hobi agar hobi itu nggak jadi penyebab habisnya gaji. Jago main musik,  luangkan waktu dengan buka les privat malam hari atau weekend.

Alternatif lainnya, buka aja studio band di rumah. Tapi kamu harus pekerjakan minimal satu orang sebagai operator studio.

Buka kursus musik juga boleh daripada alat-alat musiknya dianggurin karena mau ngeband udah gak ada waktu (main gitar/Freepik)


Hobi fotografi ya mulailah hunting foto yang keren dan jual fotonya secara online. Yang hobi olahraga bisa jadi private trainer atau ya buka gym di komplek rumah bila punya modal lebih.

Gaji besar itu peluang jadi kaya juga tinggi. Udah nggak zaman gaji 2 digit habis sebelum akhir bulan.

5. Menikah

Nah khusus buat yang belum nikah, tunggu apalagi cepet-cepet nikah deh. Dengan menikah, kamu akan belajar bagaimana mengalokasikan gaji untuk “kebutuhan” bukan keinginan.

Kamu pun dituntut jadi lebih dewasa dari pemikiran dan lainnya. Keberhasilanmu dalam punya keluarga  yang harmonis adalah kesuksesan lho.

So gimana guys, yang baru gajian udah nggak bakal boros lagi dong setelah baca ini. Semoga sukses ya dalam mengatur keuangannya.
 

No comments:

Post a Comment