Wednesday, January 4, 2017

Saatnya Belajar Say No Untuk 8 Hal Ini, Demi Keuangan Masa Depan


“Eh bro nanti malam nonton acara komunitas musik rock di Cafe Icikiwir nyok!” Ajak si Emon ke Boy.
Kebetulan si Boy adalah tipe orang yang serba ga enakan. Susah banget nolak ajakan nongkrong. Padahal besok pagi jam 8 si Boy harus nemenin bosnya meeting.
Walhasil demi eksistensi di komunitas, Boy ikut pergi ke Cafe Icikiwir. Tahu dong apa yang terjadi keesokan pagi. Boy harus meeting dengan kepala berat karena menahan serangan kantuk yang dahsyat. Bos pun geleng-geleng kepala karena si Boy bikin meeting gak optimal.
Harus tahu dong mana yang harus di-iyakan dan mana yang ditolak. Kecuali rela, ridho hidup blangsak, kere dan karir stuck karena rasa gak enak menolak.
Berikut 8 kondisi di mana kamu harus ‘say no’ demi keuangan masa depan dan karir.

1. Minjemin Duit

Siapa sih orang yang gak butuh duit di dunia ini? Minjemin duit tuh udah mirip ritual dan hal yang lumrah buat banyak orang.
Tapi, gak semua orang bisa dipinjemin duit loh. Hal ini berlaku gak cuma buat teman, sanak saudara juga termasuk.
Iiih…tega banget gak mau minjemin duit padahal dana ada dan yang minjem hitungannya masih kerabat dekat. Lihat dulu kebutuhan minjemnya tuh buat apa. Kalau urgent dan bisa dipercaya, gak sekedar PHP ya bolehlah meminjamkan duit.
“Bro minjem duit dulu dong besok gue ganti.” Dan esok harinya pun bakal menguap janji itu (Pinjam Duit / joetrizilo) 
Menolak atau berkata gak untuk yang gak bisa dipercaya soal utang pakai cara yang baik ya. Jangan nyolot ngajak berantem. Jawab aja baik-baik kalau saat ini kamu ada kebutuhan. Ucapkan maaf juga kalau belum bisa bantu.

2. Menghadiri Pesta

Datang ke pesta emang selalu seru ya. Kebayang gak kalau semua undangan pesta diturutin? Dijamin gak cuma rekening kamu yang bakal kebobolan, jam kerja kamu juga bakal kocar-kacir. Katakan gak buat dateng ke pesta seseorang yang sebenarnya kamu gak terlalu kenal, hanya tahu nama saja.
Rempong sama persiapan pesat yang heboh dari mulai kostum, make-up sampe sepatu. Pengin tampil maksimal di setiap pesta. Bukan cuma kantong yang jebol, buang-buang waktu buat dateng ke pesta orang yang sebenarnya kita gak terlalu kenal bahkan gak kenal sama sekali.
Saat ada yang undang secara langsung kita bisa menolak dengan halus. Beri saja alasan ada keperluan yang lebih mendesak. Semisal harus menyiapkan bahan meeting besok pagi. Jangan pernah takut selama kamu bisa dengan baik menyampaikannya.

3. Diajak Patungan

Orang Indonesia paling seeneeng tuh yang namanya patungan buat beli hadiah atau makanan buat pesta atau seseorang yang bakal resign dari kantor. Menolak ikut patungan buat acara atau membeli kado buat orang yang notabene gak kamu kenal sah-sah aja kok.
Patungan untuk membantu sesama sih gak masalah, tapi kalau sudah berbau kegiatan gak penting, mending hindari dulu (Kumpul Sama Teman / Carionline)
Jangan takut dianggap anti sosial atau pelit. Lihat saja kondisinya kalau emang ternyata kamu lagi bokek berat ya jujur saja apa adanya. Jangan memaksakan ikt patungan dengan meminjam uang teman.

4. Menolak Promosi Kenaikan Pangkat

Bagi setiap karyawan, memperoleh kenaikan jabatan yang biasanya bakal disertai dengan kenaikan gaji, siapa coba yang bakal nolak. Tapi kamu tahu gak, sebenarnya gak semua kasus kenaikan harus kamu terima dengan sumringah loh.
Naik jabatan sama artinya dengan naik gaji, yang intinya tanggungjawab kamu akan lebih besar lagi. Telisik dulu dan kenali lebih dalam apakah kamu sudah sampai pada tahap yang ditawarkan. Bukan bermaksud jual mahal atau jinak-jinak merpati ya.
Dengan berkata jujur pada pihak manajemen atau atasan yang menawarkan bahwa kamu belum siap berkomitmen di posisi yang ditawarkan akan lebih baik daripada memaksakan diri dan hasilnya malah akan berantakan.

5. Ajakan Nongkrong

Makan enak sambil ngobrol-ngobrol rumpi bareng teman-teman di restoran atau cafe yang nyaman dan populer emang menyenangkan. Tapi kalau frekuensinya udah kelewat sering bisa bahaya, terutama buat kantong bro.
Siapa yang gak suka restoran adem dan nyaman kayak gini, tapi kalau setiap minggu nongkrong bisa berabe juga keleus (Restoran) 
Hari gini ajakan nongkrong pasti deh minimal harus minum sama ngemil-ngemil cantik di cafe yang ngehits. Kalau kamu gak pandai-pandai nolak, setiap akhir bulan kamu bakal merana dong.

6. Ajakan Shopping

Siapa sih yang gak suka shopping? Hampir semua orang pasti hobi sama yang namanya shopping. Terkadang ajakan untuk shopping gak hanya datang dari diri sendiri, tapi juga rayuan teman.
Nah, musti waspada nih, kalau kamu punya teman yang kayak gini. Setiap ada acara late night sale atau diskon barang bermerek pasti ‘nyetanin’ teman lain buat ikutan.
Jangan pernah ragu buat menolak hal kayak gini. Ini demi kebaikan kamu sendiri. Terlebih lagi kalau ternyata kamu sama sekali gak butuh barang-barang yang didiskon itu. Bukan cuma buang uang dan energi tapi juga waktu.

7. Nebeng Belanja Pakai Kartu Kredit

Udah familiar dong dengan manfaat kartu kredit, salah satu yang paling populer ya transaksi belanja. Kebiasaan baru yang kini terjadi adalah ‘nebeng pakai kartu kredit’.

No comments:

Post a Comment