Friday, January 6, 2017

Mau Beli Mobil Modifikasi? Perhatiin Dulu 3 Hal Ini

Beli mobil modifikasi itu nggak salah. Siapa yang nggak mau punya mobil keren dan enak dipakai buat mejeng.


Pasti seru dong tiap hari bawa mobil modif buat ngantor, nemuin client sampai anter pacar. Dijamin deh kegantengan kamu meningkat 70 persen hehehe.


Selain meningkatkan kadar kegantengan, nggak jarang performa mobil modifikasi itu bagus dan harga jualnya cenderung turun. Bisa jadi kamu untung ketika beli mobil modifikasi.

Tapi kamu harus tetap waspada, mobil itu adalah mobil bekas. Kamu nggak tahu gimana empunya mobil itu memperlakukan tunggangannya kan.


Nih, ada 3 hal yang wajib kamu perhatiin sebelum beli mobil modifikasi. Yuk disimak.

1. Pahami riwayat mobil

Setelah kamu lihat mobilnya, jangan lupa cek STNK dan surat-surat lainnya. Jangan sampai warna mobilnya beda sama yang tertera di STNK.  

Pahami seluk-beluk mobil yang akan kamu beli dari tahun pembuatannya dan catatan servisnya. Hal ini penting buat kamu yang mau mengganti sparepartnya.


Pastikan BPKB dan faktur pembelian ada. Kenali bagian mana yang sudah dimodifikasi. Pastikan, apakah mobil itu pernah tabrakan maut apa enggak. Atau jangan-jangan bekas dipakai balapan.


Hati-hati lho mobil bekas tabrakan itu bisa dipoles sedemikian rupa sampai benar-benar nggak berbekas. Perhatikan kesimetrisan lekukan mobilnya. Amati juga kaca depan dan belakangnya. mobil yang sudah tabrakan pasti pemasangan kacanya nggak terlalu sempurna.


Urusan kilometer mobil juga nggak kalah penting. Dan nggak jarang juga lho KM sering direset (dimundurkan) sebelum dijual. Intinya, jangan terkecoh sama penampilan mobil. 

Bodi mulus, pakai bodykit , spoiler sporty, dan harga miring udah pasti menggoda. Jangan keburu nafsu ya, telusuri dulu. 


2. Perhatikan kaki-kaki mobil
 

Salah satu sektor yang paling sering dimodifikasi adalah bagian velg. Ganti velg itu sama aja kayak ganti sepatu. Banyak orang yang mengganti velgnya dengan velg racing atau yang ukurannya lebih besar dari standar biar kelihatan gagah.


Padahal, velg original atau bawaan itu sudah teruji standar keamanannya. Kalau mau diganti dengan velg yang ukurannya lebih besar, nggak bisa sembarangan lho.
 

Salah modifikasi dalam hal velg bisa berakibat memperpendek umur kaki-kaki mobil. Seperti tie-rod end, ball joint, maupun bearing roda.

Nggak jarang ditemukan, seseorang menggunakan velg Ring 17, padahal ukuran velg standar mobilnya adalah Ring 15. Beban putar sistem kemudi mobil juga jadi berat. Konsumsi bensin biasanya jadi boros.


Makanya sebelum memutuskan beli mobil modifikasi yang udah bervelg cantik, ajak empu mobil itu ke bengkel bareng. Cek semua sektor kaki-kaki.


Jangan lupa test drive mobilnya dulu. Dengerin bunyi kaki-kakinya terutama ketika kamu hantam lobang di jalan.


3. Kondisi mesin
 

Sektor ini juga jangan pernah dilupakan. Belum tentu semua mobil modif itu kondisi mesinnya bagus. Kalau mereka salah modif ya pasti nggak karuan hehe.


Beberapa pemilik mobil kerap memodifikasi di sektor mesin untuk menghasilkan tenaga pacu yang lebih besar. Mungkin ada yang melakukan porting polish atau menghaluskan bagian dinding lubang dalam intake dan exhaust. Atau dengan ganti filter udara.

Gimana kalau kejadiannya, mobil modif itu tarikannya enteng, akselerasinya mantap tapi mesinnya gampang panas. Bahkan pernah overheat.

Kalau mesin langsung panas ketika baru dipacu sebentar, tandanya ada settingan yang nggak beres. Nggak usah dibeli deh, mending cari yang lain.


Lagi-lagi ajak aja si empunya ke bengkel untuk cek mesin. Atau bawa montir langganan kamu saat liat mobilnya.


So, gimana sudah siap mau beli mobil modifikasi? Jangan sampai ketidaktelitianmu jadi bumerang ketika beli mobil. Reparasi mobil itu nggak murah ya dan bisa menyiksa keuangan kamu. 

Modifikasi itu punya beragam klasifikasi, ada dari sisi fashion (mengedepankan penampilan) dan ada juga yang mengedepankan performa (mesin). Dari klasifikasi, ada aliran modifikasi seperti JDM (menggunakan semua komponen Jepang), Hellaflush (gaya modif offset velg), Dub (mewah), VIP, dan lainnya. Pahami dulu ya, banyak baca-baca majalah atau portal berita otomotif deh.

Pastikan juga, kamu beli mobil sama orang yang memang paham modifikasi. Sehingga modifikasi mobil yang akan kamu beli benar-benar menambah performa mobil tersebut bukan malah sebaliknya.
Jangan lupa dengan tiga tips ini. Dan selamat berburu mobil modif.

No comments:

Post a Comment